You are here
Kurikulum
Primary tabs
Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Mesin S-2 terdiri dari mata kuliah Pondasi Keilmuan, mata kuliah keahlian program studi, mata kuliah pilihan, mata kuliah kemampuan keahlian tambahan, dan mata kuliah matrikulasi. Jumlah kredit semester yang harus ditempuh sejumlah 40 sks. Sebaran mata kuliah pada semester 1 sampai dengan semester 4 adalah sebagai berikut.
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Sks |
Semester |
Jumlah Sks |
|||||
Jml |
T |
P |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
I. Mata Kuliah Pondasi Keilmuan |
7 |
|||||||||
1. |
PPS 8201 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
2. |
PPS 8202 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
3. |
PPS 8303 |
3 |
3 |
0 |
3 |
|
|
|
||
II. Mata Kuliah Keahlian Program Studi |
29 |
|||||||||
1. |
MES8201 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
2. |
MES8202 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
3. |
MES8203 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
4. |
MES8204 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|||||
5. |
MES8205 |
2 |
1 |
1 |
2 |
|||||
6. |
MES8206 |
2 |
1 |
1 |
2 |
|||||
7. |
MES8207 |
2 |
1 |
1 |
2 |
|||||
8. |
MES8308 |
2 |
1 |
1 |
2 |
|||||
9. |
MES8209 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
||||
10. |
MES8316 |
3 |
2 |
1 |
|
|
3 |
|||
11. |
MES8217 |
2 |
2 |
|
|
|
2 |
|
||
12. |
MES8618 |
6 |
|
6 |
|
|
|
6 |
||
III. Mata Kuliah Pilihan *) |
4 |
|||||||||
1. |
MES8210 |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|||
2. |
MES8211 |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|||
3. |
MES8212 |
2 |
2 |
0 |
2 |
|
|
|||
4. |
MES8213 |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|||
5. |
MES8214 |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|||
6. |
MES8215 |
2 |
2 |
0 |
|
2 |
|
|
||
Total sks yang diambil |
15 |
14 |
5 |
6 |
40 |
|||||
VI. Mata Kuliah Matrikulasi**) |
4 |
|||||||||
1 |
MDK 6201 |
Ilmu Pendidikan |
2 |
|
|
2 |
|
|
|
|
2 |
MDK 6202 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
2 |
|
|
|
|
Catatan :
*) Mata kuliah pilihan diambil minimal 4 sks
**) Mata Kuliah Matrikulasi harus ditempuh oleh mahasiswa dari non kependidikan, kode mata kuliah menyesuaikan program studi S1 diselenggarakan dengan studi mandiri atau mengikuti kuliah dengan jadwal tersendiri.
Distribusi Capaian Pembelajaran Lulusan dengan Mata Kuliah Program Studi S2 Pendidikan Teknik Mesin
Kode MK |
Mata Kuliah |
CPL |
||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
||
PPS8201 |
Filsafat Ilmu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PPS8202 |
Statistika |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PPS8303 |
Metodologi Penelitian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8201 |
Managemen Pendidikan dan Pelatihan Vokasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8202 |
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8203 |
Model Pembelajaran Vokasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8204 |
Evaluasi Pembelajaran Vokasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8205 |
Teknologi Pengelasan dan Fabrikasi Logam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8206 |
Teknologi Pemesinan Konvensional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8207 |
Computer Aided Design and Drafting (CADD) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8208 |
Teknologi Pemesinan CNC dan CAM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8209 |
Otomasi Produksi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8316 |
Proposal Tesis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8217 |
Penulisan Karya Ilmiah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8618 |
Tesis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8210 |
Kesehatan dan Keselamatan Kerja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8211 |
Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8212 |
Mekanika Bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8213 |
Perawatan dan Perbaikan Mesin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8214 |
Sistem Produksi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MES8215 |
Metode Analisis Teknik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
No | Deskripsi Mata Kuliah |
---|---|
1 |
Filsafat Ilmu
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memahami filsafat (ontologi, epistemologi, dan aksiologi), ilmu, ilmu pengetahuan, filsafat ilmu dan ruang lingkup filsafat ilmu. Selain itu mahasiswa juga akan mendalami tentang sarana berpikir ilmiah, metode-metode keilmuan dan ilmiah, teori tentang kebenaran, dan kebenaran ilmiah. Selanjutnya mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dalam implementasi dan implikasi filsasat ilmu pada metode ilmiah atau metode penelitian, dan implementasinya untuk mengembangkan bidang kelimuan masing-masing sesuai dengan program studi pendidikan teknik mesin. |
2 |
Metodologi Penelitian
Mata kuliah ini berbobot 3 sks. Mata kuliah ini memaparkan pengetahuan tentang metode penelitian pendidikan dan aplikasinya dalam pemecahan masalah pendidikan. Uraian umum tentang metode penelitian meliputi: (1) jenis-jenis penelitian; (2) tahap-tahap penelitian; (3) identifikasi variabel penelitian; (4) pemilihan topik dan perumusan masalah penelitian; (5) penyusunan kajian pustaka dan perumusan hipotesis penelitian, (6) populasi dan sampel; (7) metode dan alat pengumpulan data; (8) skala pengukuran; (9) analisis data, interpretasi hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, (10) metodologi penelitian kualitatif, dan (11) penyusunan draft proposal tesis. |
3 |
Statistika
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Pada matakuliah ini dibahas tentang peranan statistika dalam bidang penelitian, teori peluang, karakteristik distribusi statistika dan distribusi sampling yang banyak digunakan: Binomial, Normal, Chi-kuadrad, student-t, dan Fisher. Statistika deskriptif dan statistika inferensial untuk pengujian hipotesis berbagai teknik analisis data: analisis korelasi, regresi, analisis varians, uji lanjut analisis varians, penggunaan beberapa statistik nonparamaterik. Program pengolahan data meliputi konsep dasar, aplikasi, interpretasi hasil analisis data, sebagai contoh penggunaan paket program SPSS. |
4 |
Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Vokasional
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan: (1) memahami konsep dasar manajemen diklat dan menerapkan fungsi manajemen dalam mengelola sumberdaya diklat; (2) merencanakan program diklat mulai dari analisis kebutuhan diklat dan pengembangan kurikulum; (3) mengenal berbagai macam strategi dan media pembelajaran diklat; (4) mengenali strategi manajemen sumberdaya diklat yang meliputi SDM, sarana dan prasarna dan pembiayaan diklat; (5) memahami berbagai model kepemimpinan diklat, pengendalian mutu diklat, dan evaluasi diklat. Pembelajaran menggunakan pendekatan andragogi yang menekankan pada kemandirian belajar dan studi lapangan. Penilaian akhir hasil belajar merupakan kombinasi nilai dari presensi, keaktifan di kelas, ujian tengah semester, tugas-tugas mingguan dan presentasi hasil kunjungan lapangan, proposal kegiatan diklat serta ujian akhir semester. |
5 |
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasional
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan memahami dan menganalisis secara komprehensif konsep perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum serta mampu mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan. Matakuliah secara umum berisi materi tentang pengertian, dimensi, fungsi, dan peranan kurikulum; landasan pengembangan kurikulum; komponen-komponen pengembangan kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; model pengembangan dan organisasi kurikulum; pendekatan, strategi, dan model pembelajaran teknologi dan kejuruan. Kuliah dilaksanakan baik dengan ceramah, diskusi kelas maupun kelompok yang dilengkapi dengan penugasan pengamatan dan analisis kritis terhadap praktek-praktek pengembangan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan. |
6 |
Model Pembelajaran Vokasional
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Tujuan pendidikan vokasi adalah menghasilkan tenaga kerja terampil. Untuk menghasilkan tenaga terampil, diperlukan model pembelajaran yang banyak melibatkan keterampilan motoric. Matakuliah ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa Magister Pendidikan Teknik Mesin berbagai model pembelajaran aktif modern yang banyak diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kuliah akan dimulai tentang Fakta tentang otak manusia; Multiple intelligence; Filsafat belajar vokasional; Teori Prosser; Karakteristik pendidikan vokasi; Ciri pendidikan vokasi. Kemudian mahasiswa diajak untuk praktik langsung melalui simulasi Model Pembelajaran: Project Work Learning, Contextual Teaching and Learning (CTL), Quantum Teaching and Learning (QTL), Problem-Based Learning (PBL), Model Mengajar Inquiry Training, dan Model Bermain Peran (Role Playing). Di akhir perkuliahan mahasiswa diajak untuk simulasi Lesson Study. |
7 |
Evaluasi Pembelajaran Vokasional
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Tujuan mata kuliah ini adalah memberi wawasan luas tentang Evaluasi Pembelajaran Vokasional termasuk didalamnya memanfaatkan hasil evaluasi itu sendiri. Oleh karenanya, mereka perlu difasilitasi dan didorong agar menguasai: konsep-konsep evaluasi pembelajaran, jenis evaluasi pembelajaran (misal CIPP, Stake Scriven dll), jenis-jenis penilaian untuk perbaikan pembelajaran, validitas, reliabilitas, cara mengembangkan tes, analisis butir, dan praktik analisis butir secara teoritik dan empirik menggunakan program (software) yang relevan seperti iteman. Pembelajaran mata kuliah ini berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, presentasi dan praktik. |
8 |
Teknologi Pengelasan dan Fabrikasi Logam
Mata kuliah Teknologi Pengelasan dan Fabrikasi Logam berbobot 2 sks (1 sks Teori dan 1 sks praktikum). Mata kuliah ini membekali mahasiswa mengenai konsep teori dan teori aplikasi proses pengelasan dan pembentukan bahan logam. Matakuliah ini membekali mahasiswa agar mampu menganalisis dan memilih proses pengelasan, membuat langkah-langkah pekerjaan las dan pengujiannya berdasarkan standar pengelasan misalnya ASME atau AWS atau standar lainnya yang pakai di dunia industri. Mata kuliah dilaksanakan secara teori dan praktik di laboratorium. |
9 |
Teknologi Pemesinan Konvensional
Mata kuliah Teknik Pemesinan Konvensional berbobot 2 sks (1 sks Teori dan 1 sks praktikum). Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dalam penguasaan konsep, teori dan aplikasi teknik pemesinan konvensional yang yang ada di industri kecil, industri menengah, dan industri besar. Konsep teknik pemesinan meliputi teori dasar penyayatan (cutting) logam pada beberapa macam mesin perkakas (bubut, frais, bor, dan gerinda). Teori pemesinan meliputi penguasaan teori penentuan kondisi pemotongan (cutting condition) dan elemen proses pemesinan (V, f, a). Aplikasi meliputi penyusunan langkah kerja dan SOP proses pemesinan di bengkel/ industri/ sekolah. |
10 |
Computer Aided Design and Drafting (CADD)
Mata kuliah ini berbobot 2 sks (1 sks Teori dan 1 sks praktikum), bersifat wajib lulus. Isi mata kuliah meliputi: Orientasi singkat perancangan (Pengertian perancangan, langkah perancangan, ide-ide dan konsep perancangan, inovasi dan kreatifitas); pemodelan geometrik (gambar sketsa, gambar perakitan, gambar explode, gambar kerja); analisis teknik (konsep penentuan ukuran produk); analisis ekonomi (konsep penentuan biaya produk); evaluasi perancangan produk (network planning); penyajian gambar kerja. Sarana pembelajaran proses design dan menggambar menggunakan perangkat lunal CADD (Solidwork/Inventor/Autocad). |
11 |
Teknologi Pemesinan CNC dan CAM
Mata kuliah Teknologi Pemesinan CNC dan CAM berbobot 2 sks (1 sks teori dan 1 sks praktikum). Mata kuliah ini bertujuan memberikan bekal mahasiswa untuk menguasai konsep teori dan teori aplikasi teknologi pemesinan CNC dan CAM yang digunakan di industri manufaktur. Materi meliputi: setting mesin CNC, pengoperasian mesin CNC, dan pemprograman mesin CNC versi Fanuc dan ISO. Pemrograman mesin CNC menggunakan pemrograman manual data input dengan menggunakan simulator mesin CNC dan pemrograman dengan CAM dengan menggunakan perangkat lunak Mastercam. Kegiatan praktik meliputi: penyusunan jobsheet. Praktik dilaksanakan menggunakan sarana komputer dan mesin CNC yang ada di lab CNC FT UNY. |
12 |
Otomasi Produksi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mata kuliah tentang bentuk-bentuk aplikasi sistem otomasi produksi, macam-macam sistem otomasi, prinsip-prinsip pengendalian dan prinsip kerja otomasi sebagai dasar otomasi, teknologi instrumentasi dan pengendalian proses. Mata kuliah ini dilaksanakan baik dengan ceramah, diskusi kelas maupun diskusi kelompok yang dilengkapi dengan penugasan pengamatan/observasi di bengkel/laboratorium. |
13 |
Proposal Tesis
Mata kuliah ini meliputi dua bagian yaitu: penulisan proposal tesis dan seminar proposal dengan bobt 3 sks yang terdiri dari 2 sks Teori dan 1 sks praktik. Matakuliah ini membahas mengenai prosedur pembuatan proposal tesis sesuai dengan panduan penulisan tesis dan disertasi. Isi mata kuliah meliputi: penentuan judul, penyusunan latar belakang masalah, penyusunan kajian pustaka, penyusunan penelitian yang relevan, penyusunan metode penelitian. Pada bagian selanjutnya proposal yang telah disusun diseminarkan di kelas atau diseminarkan di seminar nasional. |
14 |
Penulisan Karya Ilmiah
Mata kuliah ini berbobot 2 sks. Mata kuliah ini memberikan bekal mahasiswa untuk menulis artikel pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal international bereputasi. Isi mata kuliah meliputi: penyusunan pendahuluan, metode, hasil penelitian, simpulan dan referensi. |
15 |
Tesis
Tesis merupakan mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa program Magister PPs UNY sebagai salah satu persyaratan penyelesaian studi untuk memperoleh gelar Magister. Sebagai tugas akhir, Tesis harus memenuhi persyaratan: (a). dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah di bawah bimbingan dosen, (b). mempunyai nilai manfaat tinggi untuk pengembangan teori dan praktik dalam bidang pendidikan dan/atau nonkependidikan dengan dukungan fakta empirik, (c) bersifat inovatif, mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan atau nonkependidikan atau praktik profesionalnya, dan (d). menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir dan berkarya untuk memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan dan nonkependidikan melalui pendekatan inter- atau multi-disipliner. |
16 |
Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Tujuan pekuliahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan prinsip K3 di bengkel kerja atau laboratorium. Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang merupakan kepanjangan dari K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PP 50 Tahun 2012). Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja. |
17 |
Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar pengukuran linear produk manufaktur yang meliputi, konsep kualitas geometris produk; kaidah-kaidah dalam pengukuran linear; Mengenal dan memahami prinsip-prinsip toleransi standar dan posisi; mengenal prinsip-prinsip dan penggunakan berbagai jenis peralatan ukur linear baik yg mekanik, elektonik, optik dan yang lainnya; melakukan pengukuran produk manufaktur seperti mengukur berbagai jenis roda gigi, ulir luar dan ulir dalam, konis dan kemiringan baik luar maupun dalam, radius, kekasaran permukaan, dan bentuk-bentuk komplek lainnya; melakukan kalibrasi peralatan ukur linear, melakukan perawatan alat-alat ukur; mengelola peralatan ukur; mengenal dan memahami prinsip kontrol kualitas pada produk manufaktur. |
18 |
Mekanika Bahan
Mekanika bahan, juga disebut kekuatan bahan, adalah topik yang berkaitan dengan perilaku benda padat akibat tegangan dan regangan. Teori lengkap dimulai dengan pertimbangan perilaku satu dan dua anggota dimensi struktur, yang menyatakan keadaan tegangan dapat diperkirakan sebagai dua dimensi, dan kemudian digeneralisasikan ke tiga dimensi untuk membangun teori yang lebih lengkap dari perilaku elastis dan plastik bahan. Studi tentang kekuatan bahan merujuk pada berbagai metode perhitungan ketegangan dan tekanan pada elemen struktural, seperti balok, kolom, dan poros. Metode yang digunakan untuk memprediksi respon struktur akibat beban dan kerentanannya terhadap berbagai mode kegagalan memperhitungkan sifat bahan seperti yang yield strength, kekuatan maksimum, Modulus Young, dan rasio Poisson. |
19 |
Perawatan dan Perbaikan Mesin
Mata muliah ini membahas pengetahuan tentang: (1) pengelolaan perawatan perbaikan mesin yang meliputi: suku cadang, personal, perawatan, rencana perawatan, perawatan, administrasi perawatan; (2) organisasi perawatan yang meliputi organisasi perawatan sarana dan perawatan prasarana; (3) memahami konsep-konsep perawatan suku cadang/ komponen mesin, unit-unit komponen mesin, dan perawatan sistem kerja suatu mesin dan (4) memahami konsep Total Productive Maintenance (TPM). Metode pembelajaran menggunakan problem based learning dalam hal menganalisis managemen perawatan, pelaksanaan perawatan, dan evaluasi hasil proses perawatan. |
20 |
Metode Analisis Teknik
Memberikan materi kepada mahasiswa tentang penerapan teori dasar matematika dan pengembangannya pada bidang keteknikan khususnya bidang teknik mesin. Materi ajar meliputi: Sistem Koordinat, Fungsi-fungsi pada bidang engineering, persamaan Differensial, Persamaan Integral, Variabel Kompleks, Fungsi-fungsi Series Umum (Binomial series, Power Series dan Taylor Series), Transformasi Laplace, dan Fourier Series. |
21 |
Sistem Produksi
Sistem Produksi adalah satu rangkaian operasi yang mengolah atau memproses input berupa bahan mentah (raw material), bahan setengah jadi (intermediate product), part, komponen dan/atau rakitan (subassembly) untuk menghasilkan output bernilai tambah (value added product) atau produk akhir (finished good) dengan mempergunakan sumber daya (resource) dari elemen teknologi (mesin, peralatan, fasilitas produksi dan energi) dan elemen organisasi (tenaga kerja, manajemen, informasi dan modal). Sistem Produksi meliputi aktivitas perancangan (design), pengadaan (procure), pembuatan (produce), penyimpanan (store), pengiriman (deliver) dan pelayanan (service). |
PERPUSTAKAAN
Kontak Kami
PROGRAM PASCASARJANA
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : http://s2ptm.ft.uny.ac.id
Copyright © 2025,