APLIKASI CADCAM DALAM PROSES MANUFAKTUR

Sejatinya ada tiga jenis proses manufaktur jika dilihat dari proses pengerjaannya yakni, manual dimana semua dikerjakaan dengan tangan dengan bantuan alat perkakas sederhana seperti gergaji, pahat, kikir dan kualitasnya sangat tergantung pada keterampilan operator, berikutnya mesin konvensional dimana proses pembuatannya telah dibantu dengan mesin produksi seperti bubut, frais, gerindra disini kualitas pekerjaan juga tergantung dari skill dari sang operator, yang terkini dengan mesin yang dikendalikan komputer atau sering disebut Computer Numerically Controlled (CNC) yang pengerjaannya dilakukan oleh mesin bubut/frais/router yang telah diinputkan program CNC untuk pengerjaannya diman opretaor bertgas menseting dan memonitor jalannya produksi. Demikian disampaikan Dr. B. Sentot Wijanarko, M.T., kala mengawali paparannya dalam Webinar dan Sosialisasi Promosi Program Studi S2 Pendidkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (10/04/2021) yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi ZoomMeeting.

“Dewasa ini dunia industri-khususnya industri manufaktur sangat bergantung pada CAD/CAM untuk pengembangan lebih lanjut produk mereka. Perkembangan sistem manufaktur yang kompetitif menuntut metode-metode yang sesuai bagi desain suatu produk,” lanjut Sentot.

Secara historis, integrasi CAD/CAM dimulai dengan perkembangan teknologi mesin Numerical Control (NC). Peralatan mesin NC kemudian ditingkatkan secara stabil dalam kontrol perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Pemrograman NC dan grafik komputer yang interaktif memiliki kontribusi dalam perkembangan ini. Integrasi penempatan CAD dan CAM meningkatkan penekanan pada peralatan dan jalur mesin NC.
Tujuan utama dari integrasi CAD dan CAM adalah sistematisasi dari suatu rangkaian aliran informasi dari fase awal perancangan suatu produk hingga fase akhir yaitu selesainya proses produksi produk tersebut secara tuntas dan komplet.

Di  banyak  kasus  sistem  CAM  akan  bekerja dengan  perancangan  CAD  yang  dibuat  dilingkungan  3  Dimensi.  Programmer  CNC  akan menentukan    operasi  mesin  dan  sistem  CAM yang akan membuat program CNC.

Sejalan dengan keilmuan tersebut, Koordinator Program Studi S2 Pendidkan Teknik Mesin, Prof. Dr. Dwi Rahdiyanta menjelaskan bahwa riset utama dari prodi ini adalah pengembangan kurikulum dan pembelajaran vokasional di bidang teknik mesin (pemesinan), pengelasan, pengecoran, CNC/CAD-CAM dan K3 serta riset dibidang ilmu teknik mesin (komposit, pengecoran logam, pengelasan dan desain manufaktur).

“Prospek karir alumninya antara lain menjadi pendidik baik dosen mauoun guru, instruktur di lembaga diklat, pengelola LSP maupun TUK, asesor kompetensi, peneliti,” beber Prof. Dwi Rahdiyanta.